Sistem Kasir Moderen Penunjang Kelancaran Usaha


Aktifitas jual beli merupakan inti dari siklus perdagangan dalam sebuah lingkup ekonomi yang berkesinambungan. Selain adanya penjual dan pembeli, komponen lain yang tidak kalah penting dalam urusan ini adalah sistem kasir. Sistem kasir yang baik akan berpengaruh pada kelancaran aktifitas jual beli yang tengah dilakukan. Dari masa ke masa sistem kasir telah mengalami banyak perubahan dan inovasi agar lebih tepat saat diimplementasikan dalam dunia usaha masa kini. Dewasa ini kita telah mengenal sistem kasir moderen yang paling banyak diaplikasikan dalam dunia usaha, baik usaha kecil, menengah dan besar, yaitu sistem POS (Point Of Sales) dan barcode.

POS (Point of Sales) merupakan salah satu sistem kasir moderen yang telah banyak digunakan di dunia usaha. Sistem kasir moderen yang satu ini berbentuk aplikasi penjualan yang memungkinkan pelayanan pada pembeli dilakukan langsung melalui tenaga kasir yang paling umum diterapkan pada usaha retail. Sistem kasir moderen POS memungkinkan laporan penjualan secara realtime berbasis web, inventori gudang, serta pengaturan kasir yang terintegrasi. Penggunaan sistem kasir berbasis web POS ini memberikan beberapa manfaat seperti proses perubahan harga jual barang yang cepat dan mudah, mengetahui stok barang yang dijual, proses transaksi jual beli yang lebih singkat, mendapatkan laporan penjualan yang detail dan bersifat realtime.

Selain POS (Point of Sales), teknologi barcode juga menjadi bagian dari sistem kasir moderen yang telah umum kita jumpai dalam dunia usaha. Pengaplikasian barcode merupakan salah satu bagian dari sistem kasir moderen dengan pemanfaatan teknologi yang terus berkembang dan memberikan inovasi dalam dunia untuk menambah nilai kepraktisan, dan berbagai manfaat dalam menunjang kelancaran usaha di era moderen seperti saat ini. Dengan adanya barcode yang tertera pada setiap kemasan barang yang dijual maka akan semakin mempermudah proses inventori gudang maupun transaksi jual beli yang tengah dilakukan. Dalam hal ini diperlukan alat yang mampu membaca kode batang tersebut dengan cepat, tepat, dan praktis, yakni barcode scanner yang juga menjadi alat hasil perkembangan teknologi yang mendukung otomasi sistem kasir moderen. 

Dengan adanya teknologi barcode tersebut, kini para pelaku usaha kecil, menengah, dan besar telah banyak yang beralih pada pemanfaatan teknologi moderen tersebut sebagai bagian dari sistem kasir untuk menunjang kelancaran aktifitas penjualan yang dilakukan. Sistem kasir moderen yang mengarah pada otomasi dengan menggunakan peralatan hasil kemajuan teknologi ini semakin lengkap dan maksimal dengan memanfaatkan 2 hasil kemajuan teknologi sekaligus yakni barcode scanner dan mesin kasir elektronik. Mesin Kasir elektronik atau yang juga biasa dikenal dengan nama electronic cash register merupakan alat kasir berbentuk compact lengkap dengan tombol-tombol fungsi, dan banyak fitur-fitur lainnya untuk memberikan berbagai manfaat ekstra bagi penggunanya. Salah satu mesin kasir elektronik yang bisa dijadikan pilihan tepat untuk menunjang sistem kasir moderen adalah Kanalogic KCR-181SW persembahan dari Kana.  

Sistem kasir moderen yang ditunjang dengan menggunakan mesin kasir elektronik Kanalogic KCR-181SW dapat memberikan manfaat bagi pihak penjual maupun pelanggan, sehingga dapat membantu menunjang kelancaran proses transaksi yang berpengaruh pada kelancaran usaha yang sedang dijalani. Setelah melengkapi sistem kasir dengan kemajuan teknologi, jangan lupa juga untuk memperhatikan SDM (Sumber Daya Manusia) yang Anda miliki. Pastikan usaha Anda didukung para karyawan yang disiplin dalam bekerja. Anda bisa menggunakan mesin absensi sidik jari untuk menunjang kedisiplinan para karyawan Anda. Segera manfaatkan promo menarik Kana New Year Sale 2019 untuk mendapatkan segala manfaat  mesin kasir elektronik Kanalogic KCR-181SW ditambah mesin absensi sidik jari Kana SF-800+ untuk menunjang kelancaran usaha Anda!

Share this info