Smart Home Alarm System - Yuk Pahami Cara Kerja dan Manfaatnya!



Bayangkan jika punya rumah canggih seperti pada film science fiction dimana semua bagian rumah dapat dikendalikan hanya dengan satu tombol. Wah, pasti seru ya.. kabar baiknya, tak perlu lagi untuk membayangkan, karena saat ini kita bisa menikmati hunian canggih ini dalam konsep smart home.


Smart Home Adalah

Smart home atau yang juga biasa dikenal dengan rumah pintar adalah sebuah konsep hunian berteknologi canggih yang memungkinkan segala hal di dalam rumah untuk saling terintegrasi. Keseluruh komponen dalam rumah ini bisa dikendalikan melalui smartphone atau komputer. Pada umumnya diaplikasikan dalam sistem penerangan, entertainment dalam rumah, hingga urusan beres-beres rumah seperti yang telah umum digunakan di negara maju seperti Jepang dan Amerika. Sedangkan di Indonesia sendiri konsep smart home atau rumah pintar sudah mulai banyak diterapkan pada sistem keamanan untuk meningkatkan keamanan rumah yang dapat dipantau dari jarak jauh dengan mudah, cepat dan realtime hanya dengan menggunakan ponsel.


Cara Kerja Sistem Smart Home

Smart home system memiliki cara kerja yang mengandalkan 2 komponen penting dalam teknologi yang saling bekerja sama dalam mengumpulkan data dan informasi, lalu mengolah data tersebut dan menjadikannya aksi untuk memudahkan aktivitas manusia sehari-hari, yakni IoT (Internet of Things) yang menghubungkan satu alat dengan alat lain, dan AI (Artificial Intelligence) yang membantu dalam membuat keputusan. Selain itu, masih didukung pula dengan beberapa komponen lain, seperti sensor yang mampu mendeteksi gerakan, suara dan asap. Ada juga komponen command and control management yakni elemen yang akan memberikan keputusan atau instruksi terkait apa yang harus dilakukan setelah mendapat sinyal dari sensor, serta actuator, yakni penggerak dan pengontrol aksi yang telah diinstruksikan. 


Cara Kerja Sistem Smart Home Alarm

Salah satu produk dari teknologi smart home yang kini banyak digunakan pada hunian di Indonesia adalah smart home alarm untuk meningkatkan sistem keamanan rumah dari tindak kejahatan maupun berbagai kondisi bahaya lainnya, bahkan bisa sekaligus digunakan untuk mengatur kapan waktu untuk menyala dan mematikan alat elektronik di rumah. 

Cara kerja sistem smart home alarm pun tak jauh beda dengan dasar cara kerja sistem smart home, yakni:

  • Komponen dasar pada sistem, yakni IoT (Internet of Things) yang menghubungkan satu alat dengan alat lain bekerja sama dengan komponen AI (Artificial Intelligence) yang membantu dalam membuat keputusan terkait hal yang terjadi di rumah.
  • Komponen sensor mendeteksi suara, gerakan, cahaya atau asap sesuai fungsi masing-masing detector yang digunakan.
  • Komponen command and control management memberikan keputusan atau instruksi terkait apa yang harus dilakukan setelah mendapat sinyal dari sensor.
  • Komponen actuator menggerakkan dan mengontrol aksi yang telah diinstruksikan.

Sebagai contoh, jika menggunakan aksesoris smoke and heat detector, maka ketika sensor mendeteksi adanya asap atau suhu panas yang tidak normal, maka sistem akan segera beraksi dengan mematikan sumber asap atau mengaktifkan alat pemadam kebakaran otomatis seperti thermatic (tergantung pada aksesoris detector yang digunakan), serta mengirim notifikasi ke ponsel pemilik rumah. 


Manfaat Smart Home Alarm

  1. Meningkatkan Kenyamanan Rumah
    Dengan menggunakan sistem teknologi smart home alarm maka kemudahan akses berbagai perangkat jadi lebih mudah dan aman hanya dengan media 1 smartphone. Suasana rumah jadi lebih nyaman dengan tampilan dan kesan yang lebih futuristik.

  2. Merasa Tenteram
    Sistem smart home alarm memungkinkan adanya pemberitahuan secara realtime dalam bentuk notifikasi yang muncul di ponsel saat terjadi hal membahayakan di rumah. dengan demikian penghuni rumah bisa meninggalkan rumah untuk bekerja atau melakukan berbagai aktivitas lainnya dengan perasaan tenteram tanpa was-was. 

  3. Lebih Hemat
    Dengan menggunakan smart home alarm maka pemilik rumah bisa lebih berhemat karena biaya listrik cenderung menurun yang disebabkan oleh penggunaan peralatan elektronik yang lebih efisien.

Banyak yang masih berfikir bahwa untuk menikmati manfaat konsep smart home atau rumah pintar ini sangatlah rumit dan membutuhkan banyak biaya. Jangan salah.. nyatanya untuk mendapatkannya tidaklah terlalu rumit atau mahal. Bahkan, rumah yang dimiliki saat ini bisa dilakukan sedikit modifikasi untuk mengubahnya menjadi rumah ramah teknologi yang siap dijadikan sebagai smart home atau rumah pintar. Smart Alarm Kanasecure W20 mampu mewujudkan konsep smart home atau rumah pintar untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan di rumah. 

Smart Alarm Kanasecure W20 merupakan sistem alarm pintar yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau dengan kualitas yang hebat. Beberapa fitur unggulannya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal di rumah, seperti:

  1. Tampilan Modern
    Memiliki desain yang simple namun elegan dengan sentuhan futuristik membuat Smart Alarm Kanasecure W20 dapat menghadirkan tampilan interior yang modern di rumah.

  2. Mudah Dipakai
    Pemakaiannya sangatlah mudah, cukup dengan menyambungkan Smart Alarm Kanasecure W20 dengan smartphone.

  3. Dilengkapi Banyak Aksesoris
    Smart Alarm Kanasecure W20 sudah dilengkapi dengan berbagai aksesoris pendukung seperti 1 wireless door sensor, 1 wireless PIR detector, 2 RFID Tag dan 2 remote control. Smart Alarm Kanasecure W20 juga mendukung 32 jenis detector lainnya sesuai kebutuhan rumah seperti smoke and heat detector, gas leak detector dan sebagainya.

  4. Memiliki Beberapa Pilihan Koneksi
    Keamanan lebih maksimal dengan adanya 3 pilihan koneksi yakni WiFi, GPRS dan GSM sehingga bisa tetap terhubung dengan sistem alarm.

  5. Didukung Smart Socket
    Lebih dari sekedar teknologi smart home untuk memantau keamanan rumah, Smart Alarm Kanasecure W20 juga didukung smart socket yang mampu memanajemen alat-alat elektronik di rumah, sehingga bisa menjadwalkan menyala atau tidaknya berbagai alat elektronik di rumah.

  6. Multifungsi
    Sangat cocok untuk digunakan dalam memantau keamanan rumah, toko atau tempat usaha, anak-anak, orangtua atau hewan peliharaan sebagai antisipasi terjadinya tindak kejahatan dan berbagai kemungkinan kondisi berbahaya lainnya.

  7. Ideal untuk Semua Anggota Keluarga
    Memungkinkan untuk berbagi akun dengan anggota keluarga agar dapat saling memantau satu sama lain.

  8. Pemakaian Fleksibel
    Dapat digunakan sesuai kebutuhan, misalkan ingin membuat jadwal untuk mengaktifkan sistem setiap hari. Bahkan bisa juga dilakukan pengaturan sensornya untuk kenyaman saat berada di dalam rumah atau di luar rumah.

  9. Lebih Aman dengan Baterai Cadangan
    Kondisi listrik yang tidak stabil seperti yang umum terjadi di Indonesia, seperti seringnya terjadi pemadaman listrik cukup mengkhawatirkan bagi beberapa pemilik rumah karena aliran listrik memegang peranan yang penting dalam peggunaan alat. Namun tak perlu khawatir jika menggunakan Smart Alarm Kanasecure W20 karena dilengkapi dengan baterai cadangan, sehingga apabila terjadi listrik padam atau kondisi tertentu yang menyebabkan gangguan pada listrik, alat bisa tetap aktif hingga 8 jam. 

  10. Sistem Otomatis Update
    Teknologi yang semakin berkembang akan selalu menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam konsep smart home. Pada Smart Alarm Kanasecure W20 terdapat fitur update firmware otomatis yang memungkinkan sistem selalu terbarui dengan fitur-fitur terbaru untuk menambah kenyamanan dan keamanan rumah.

Share this info