Suka Duka Profesi Customer Service Officer

Anda seorang Customer Service Officer (CSO)? Selamat! Anda mendapatkan tugas paling mulia dan sabar menghadapi para pelanggan dengan berbagai karakternya.  Bagaimana tidak? Sesuai namanya, CSO mengemban tugas untuk memberikan pelayanan terbaik, menerima keluhan, memberikan solusi atas permasalahan pelanggan, dan membina hubungan baik dengan pelanggan. Biasanya banyak mahasiswi atau para fresh graduate yang mengidam-idamkan pekerjaan ini di perusahaan bank ternama, memakai seragam yang rapi dan sepatu hak tinggi, tidak lupa juga berpenampilan menarik. Yang lebih menggiurkan adalah tawaran gajinya yang terbilang lumayan menjamin untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Namun, di balik senyuman para CSO tersebut pasti tersimpan banyak suka dukanya. Ya, karena pekerjaan yang sering berhubungan dengan berbagai karakter manusia bukanlah hal yang mudah. Berikut ini kami rangkumkan suka duka profesi CSO.

1.      Jadi Pintar Dandan

Yang semasa kuliahnya tidak pernah dandan, akhirnya mulai belajar bagaimana cara memakai make up. Biasanya, ada beberapa perusahaan memberikan pelatihan beauty class agar karyawannya bisa berpenampilan cantik dan menarik, namun tetap terlihat natural. Akhirnya, Anda menjadi bersemangat membeli peralatan make up dan senang karena banyak rekan kerja yang jago dandan siap mengajarimu.

2.      Memperluas Networking

Serunya menjadi CSO adalah Anda bisa mengenal banyak orang. Tidak jarang Anda mendapatkan informasi yang bermanfaat dari pelanggan setia produk Anda. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mengembangkan relasi, meningkatkan pengetahuan, dan mendapatkan kepercayaan yang lebih pada Anda.

3.      Belajar Sabar dan Menahan Emosi

Poin ketiga ini pastinya paling sering dialami semua CSO karena pasti ada saja orang yang menunjukkan emosinya saat mengeluhkan produk atau pelayanan dari perusahaan. Entah itu kesalahan perusahaan atau pun kesalahan pelanggannya sendiri. Kesabaran Anda pun teruji. Tapi, dengan adanya tuntutan kerja profesional, tentu Anda tidak boleh ikut tersulut amarah. Sebaliknya Anda harus mampu menghadapi pelanggan dengan tenang, mendengarkan keluhannya, dan menawarkan solusi atas permasalahan pelanggan. Dari kondisi inilah, Anda sebagai Customer Service Officer dapat melatih kesabaran dan menahan emosi.

4.      Menjaga Mood Alias Suasana Hati

Sedang kesal, sedih, atau marah? Jangan sampai perasaan tersebut terbawa ke kantor! Di sinilah tantangannya, Anda harus bisa tetap bekerja secara profesional dan mengesampingkan masalah pribadi demi membawa nama perusahaan. Kalau ada pelanggan yang tersinggung bahkan tidak puas dengan pelayanan Anda yang kurang profesional, sudah dapat dipastikan pimpinan atau atasan akan menilai Anda kurang kompeten menjadi CSO.

Meski keempat hal ini sering terjadi dalam kehidupan para CSO, namun Anda seharusnya tetap semangat dan pantang menyerah demi melayani para pelanggan. Oleh karena itu, Kana Secure juga memiliki tim teknisi di setiap showroom dan CSO yang sangat andal dalam menangani permasalahan pelanggan seputar mesin absensi, pengolahan data laporan, penggajian, SDK (Software Development Kit), layanan cloud, pemasangan akses kontrol pintu serta CCTV. Jadi, tunggu apa lagi? Silahkan hubungi kami via live chat di http://kanasecure.com/.

Sumber gambar : https://robotics.kawasaki.com

Share this info