Ternyata Banyak Loh Keuntungan Sistem Order Online Bagi Bisnis Restoran


Bisnismu belum Go Digital? Siap-siap tertinggal.. di era teknologi serba canggih seperti saat ini semua jenis usaha nampaknya harus merambah dunia teknologi digital agar bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Seperti halnya bisnis restoran. Platform digital kini menjadi media wajib bagi bisnis restoran karena terbukti mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen saat memesan dan membeli makanan. Dalam penggunaan platform digital untuk restoran erat kaitannya dengan self order. Self order adalah sistem yang memungkinkan konsumen restoran untuk memesan dan membayar pesanannya secara mandiri, tanpa melalui kasir atau pelayan restoran, yang populer juga dengan sebutan order online.

Eits.. jangan salah ya, order online ini tidak sama loh dengan sistem pesan makanan via telepon. Kalau ini sih masih termasuk sistem konvensional yang sudah banyak ditinggalkan, apalagi di kota-kota besar. Nah, yang dimaksud order online adalah sistem pemesanan yang dilakukan sendiri oleh konsumen melalui aplikasi website, atau lebih umumnya pada aplikasi mobile di smartphone.

Selain bisa memberikan manfaat kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen, sistem order online juga dapat memberikan banyak keuntungan bagi restoran, seperti:

  1. Higienis dan Sesuai Kondisi
    Meski di tengah pandemi, sebagian besar masyarakat tetap disibukkan dengan berbagai aktivitas. Kesibukan yang begitu padat seperti harus mengurus rumah, menemani anak belajar daring hingga Work from Home (WFH) begitu menyita waktu sehingga untuk kebutuhan makan sehari-hari banyak yang lebih memilih untuk membeli di restoran. Akan tetapi, masa pandemi membuat masyarakat tak bisa leluasa pergi ke restoran untuk membeli makanan yang diinginkan. Selain karena adanya batasan kebijakan dari pemerintah, juga karena adanya kesadaran diri akan bahayanya beraktivitas di luar rumah yang sangat memungkinkan terpapar virus corona. Oleh karenanya sistem order online menjadi pilihan yang higienis dan membuat restoran tetap bisa beroperasi meski di tengah pandemi.

  2. Kelola Pesanan Lebih Tepat dan Efisien
    Salah dalam mengelola pesanan adalah hal yang hampir selalu terjadi dalam beberapa waktu di dalam restoran. Misalnya saja salah dalam menyajikan pesanan seperti pemberian topping pada menu yang tidak sesuai karena adanya kesalahan pencatatan pesanan secara manual oleh pelayanan restoran, hingga mengantar makanan atau minuman pada konsumen yang salah. Adanya sistem order online dimana konsumen memegang penuh kendali akan pesanan menu yang dipilihnya, maka hal ini bisa meminimalisir kesalahan penyajian menu dari pihak restoran. Selain itu, dengan adanya sistem order online juga dapat mengatasi antrian pelanggan yang membludak di dalam restoran yang biasanya dikarenakan lamanya waktu pemesanan di kasir atau kurang cepatnya pelayan dalam mengantarkan pesanan. Antrian seperti ini bisa sangat membuang waktu dan memperkecil kemungkinan penjualan yang lebih banyak. Dengan memesan menu secara online maka tentu tidak perlu adanya konsumen yang mengantri di dalam restoran.

  3. Meningkatkan Penjualan
    Sistem order online dapat meningkatkan potensi penjualan restoran karena pengaruh dari efektivitas waktu dimana konsumen memesan menu secara mandiri melalui gadget-nya yang lebih cepat daripada saat memesan langsung di kasir restoran. Jumlah pemesanan tak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, kecuali jika memang ingin membatasi pemesanan karena ingin istirahat di saat-saat tertentu. Selain itu, adanya sistem order online sangat terbuka kesempatan untuk memiliki lebih dari satu restoran dalam satu bangunan restoran. Bingung? Nah, ada baiknya untuk berkenalan dulu dengan cloud kitchen atau yang biasa disebut juga dengan ghost kitchen, dapur satelit atau dapur online. Semua istilah ini menunjuk pada restoran yang tidak memiliki tempat khusus yang dapat dikunjungi oleh konsumen dan hanya dapat ditemui di dalam aplikasi. Misalnya saja yang kita kenal saat ini, GrabFood dan GoFood, kedua platform ini memungkinkan 1 owner membuka beberapa restoran dimana semua proses memasak hingga pengambilan makanan oleh driver dilakukan dalam satu tempat. Semakin banyak restoran yang dibuka secara online, semakin banyak konsumen yang bisa dilayani dengan cepat pula melalui sistem order online.

  4. Efektivitas SDM
    Daripada mempekerjakan banyak karyawan dengan kinerja yang biasa-biasa saja, sebaiknya investasikan uang untuk membeli mesin kasir elektronik yang dapat dioperasikan oleh beberapa karyawan saja. Misalnya seorang karyawan yang bertindak sebagai store manager atau admin bisa merangkap menjadi kasir karena pemesanan dengan sistem order online tidak mengharuskannya berhadapan langsung dengan konsumen ketika memproses pesanan. Apalagi dengan didukung mesin kasir elektronik Kanalogic KCR-181SW yang user friendly sehingga siapapun bisa menggunakannya, termasuk oleh pemilik restoran sendiri. Tidak perlu merekrut karyawan tersendiri untuk menjadi kasir yang berimbas pada pengeluaran restoran untuk menggaji kasir tersebut. Jadi lebih hemat kan.. ditambah lagi mesin kasir elektronik Kanalogic KCR-181SW juga dibekali fitur-fitur yang lengkap, termasuk fitur yang mendukung keamanan transaksi untuk meminimalisir terjadinya kecurangan kasir.
     

  5. Kelola Menu Lebih Mudah
    Percaya atau tidak, kalau konsumen yang membuka aplikasi pemesanan makanan akan cenderung memesan makanan lebih banyak daripada ketika memesan langsung di dalam restoran? Hal ini sudah dibuktikan di banyak lembaga survey loh. Faktanya, gambar makanan di aplikasi pemesanan online tampak lebih menggiurkan konsumen untuk membelinya dan ingin segera menikmatinya dengan cara order online. Untuk itu, pastikan pula untuk memasang foto atau gambar makanan dan minuman yang menarik ya. Sistem order online di aplikasi juga bisa memberikan manfaat bagi restoran agar lebih mudah mengelola menu secara online daripada cetak yang membutuhkan proses lama dan biaya yang tidak sedikit.

Sistem order online yang kamu terapkan di restoranmu saat ini bisa memberikan banyak manfaat baik untuk konsumen maupun usaha kulinermu. Untuk memaksimalkan segala keuntungan sistem order online ini jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pelayanan yang baik dan kualitas serta rasa menu yang oke ya.

Share this info