Tips Agar Kamu Makin Sukses Kelola Online Shop


Punya usaha sendiri yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah kini semakin menjadi tren di kalangan masyarakat terutama di masa pandemi seperti saat ini. salah satu jenis usaha yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah meski dari rumah adalah online shop. Wah, kebayang kan gimana serunya punya usaha sendiri di rumah, tidak perlu pusing menghadapi berbagai kemungkinan hal buruk yang biasanya terjadi di tempat kerja, seperti drama di kantor, berhadapan dengan rekan kerja yang senewen, memperkuat kekebalan hati dengan lingkungan toxic, sedih karena harus potong gaji akibat telat datang ke kantor dan pastinya tidak perlu was-was juga dengan kemungkinan tertular virus corona. 

Hemm.. kalau dibayangkan begini memang enak sih, tapi jangan salah ya, kenyataannya menjalankan usaha online shop di rumah tidak semudah yang dibayangkan. Kalau kamu hanya termotivasi karena melihat kesuksesan orang lain dalam berbisnis online shop, coba deh lihat lebih dalam, ketahuilah bahwa menjalankan bisnis online shop di rumah juga penuh tantangan, sehingga dibutuhkan kiat-kiat atau tips jitu biar makin sukses kelola online shop dari rumah.

Coba perhatikan beberapa tips berikut ya..

  1. Manajemen Keuangan
    Uang memang selalu menjadi topik sensitif dalam segala hal, termasuk dalam bisnis. Sayangnya cukup banyak pelaku bisnis online shop yang sudah gulung tukar di masa bisnisnya yang masih seumur jagung dikarenakan tidak tepat dalam mengelola keuangan. Yup, hukumnya wajib bagi pemilik bisnis online shop untuk membedakan mana yang uang pribadi dan mana yang uang usaha. Masing-masing harus dibuatkan pembukuan tesendiri ya, agar mudah untuk mengetahui dan menilai sejauh mana bisnis online shop-mu memberikan hasil, apakah sudah ada untung, atau justru merugi, ataukah masih sebatas baru bisa balik modal atau Break Even Point (BEP). Dengan demikian kamu bisa menentukan langkah selanjutnya untuk semakin memajukan bisnis online shop-mu.

  2. Manajemen Waktu
    Mengelola online shop dari rumah, tak semudah jika mengerjakannya di kantor. saat mengerjakannya di kantor kamu bisa fokus mengerjakan kepentingan online shop saja. Akan tetapi lain halnya jika dikerjakan di rumah, karena tentu ada banyak tugas rumah yang juga harus dikerjakan. Selain itu, jika kamu kerjakan sendiri di rumah, maka kamu harus memiliki kemampuan multitasking yang tinggi. Dalam menjalankan usaha online shop dibutuhkan banyak kontribusi seperti tenaga pemasaran, administrasi umum dan keuangan, stock opname, hingga customer service online yang dibutuhkan selama 7 hari 24 jam jika online shop-mu menerapkan sistem non-stop shopping alias tanpa libur sejenak pun. Hayo.. sudah siap belum kalau di tengah-tengah kegiatan memasak kamu harus segera membalas chat dari calon customer? Persiapkan diri sebaik mungkin dengan mempertimbangkan kondisimu saat ini ya.. atur waktu sebaik mungkin agar tetap bisa optimal dalam mengelola online shop di rumah.

  3. Manajemen Penjualan
    Dalam menjalankan usaha online shop dari rumah ada baiknya kalau sedari awal sudah menentukan sistem online shop apa yang mau dijalankan. Jika kurang modal dan tidak ada space di rumah untuk menyimpan barang dagangan sebaiknya pilih online shop dengan sistem dropship. Jika ada modal dan ruang yang cukup di rumah maka sebaiknya jadi reseller saja. Dalam menjalankan usaha online shop sistem reseller atau mungkin kondisinya kamu memang sudah memiliki produk sendiri untuk dijual secara online dari rumah, maka kamu membutuhkan manajemen penjualan untuk memproses transaksi dan penjualan serta mengelola pelanggan. Untuk kemudahan, kenyamanan, dan keamanan manajemen penjualan ini sebaiknya gunakan mesin kasir elektronik Kanalogic KCR-181SW yang dihubungkan dengan Barcode Scanner Wireless Logic LS-34W atau Barcode Scanner Logic QR-80W sehingga dapat memberikan banyak manfaat seperti kemudahan input data penjualan, mengontrol stok dan harga barang yang dijual, mencetak nota yang bisa diberikan ke customer agar customer merasa lebih tenang dan aman berbelanja di toko online-mu, hingga kemudahan akses laporan penjualan. 

  4. Legalitas Usaha
    Apakah online shop perlu punya NPWP? Jawabannya ‘perlu’, karena hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 tahun 2019 tentang Perdagangan melalui Sistem Elektronik (PMSE) atau e-commerce, baik dari sisi pelaku usaha (merchant), konsumen, hingga produk, dimana pada Pasal 1 ayat 6 secara tegas menyatakan kewajiban berizin berlaku untuk semua pihak yang beraktifitas PMSE “Pelaku Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang selanjutnya disebut pelaku usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang dapat berupa pelaku usaha dalam negeri dan pelaku usaha luar negeri dan melakukan usaha di bidang PMSE”. Nah, agar terhindar dari segala macam masalah yang berkaitan dengan perpajakan dan menghambat usahamu, sebaiknya lengkapi usaha online shop-mu dengan legalitas yang baik ya. Untuk lebih jelasnya tentang perpajakan online shop tidak ada salahnya untuk bertanya dengan jasa konsultan pajak atau mencari informasi pada layanan pajak di wilayahmu.

Kalau sudah tahu tipsnya pasti lebih yakin ya mau jalankan usaha online shop di rumah. Apalagi menurut hasil studi dari sebuah firma konsultan manajemen McKinsey & Company memprediksi pertumbuhan belanja e-commerce di Indonesia akan semakin meningkat dalam beberapa tahun ke depan loh. Yuk manfaatkan peluang emas ini sebagai sumber penghasilan utama atau usaha sampinganmu. Jangan lupa, pakai tips di atas ya biar kamu bisa makin sukses kelola online shop dari rumah.

Share this info