Tips Memilih Mesin Kasir Tepat Untuk Bisnis Anda


Mesin kasir adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mempermudah proses transaksi dan hal-hal terkait kebutuhan kasir. Proses transaksi ini terbilang penting dan berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda. Mengapa demikian? Sebab, dengan transaksi yang tepat, akurat dan cepat, mempengaruhi perfoma pelayanan dan juga akurasi pencatatan keuangan atau transaksi penjualan. Selain memiliki fungsi untuk mencatat harga dan barang, mesin kasir dapat membantu Anda untuk berbagai hal dan kebutuhan kasir lainnya.

Karena itu, Anda harus bisa memilih mesin kasir yang tepat. Pastikan Anda mengikuti tips memilih mesin kasir yang tepat untuk bisnis berikut ini:

1. Pilih mesin kasir all in one 
Jangan ragu memilih mesin kasir yang memiliki banyak kegunaan atau fungsi. Pastikan Anda memilih mesin kasir dengan perangkat yang sudah lengkap. Ini artinya, Anda tidak perlu memberi perlengkapan kasir secara terpisah, atau harus membeli aplikasi/software kasir secara terpisah. Selain menyusahkan, pembelian fitur perangkat yang terpisah juga akan berisiko mengalami kegagalan fungsi atau kesalahan/error saat pengaplikasian. 

Solusinya, Anda harus memilih mesin kasir all in one!

Menggunakan mesin kasir all in one memudahkan Anda menggunakan mesin kasir dengan tepat dan cepat. Keunggulannya, Anda tidak perlu harus membeli perlengkapan terpisah saat menggunakan mesin kasir. Mesin kasir all in one adalah mesin kasir yang sudah dilengkapi dengan pendeteksi uang palsu, printer nota, dan dapat terhubung dengan barcode scanner, hingga adanya instalasi software kasir di dalamnya.

2. Sekaligus menangani laporan penjualan 
Laporan penjualan memiliki peran penting dalam proses pengembangan bisnis. Hal ini dikarenakan kita dapat mengetahui keuntungan dan kerugian dari hasil penjualan. Tahukah Anda? Bila salah satu peran mesin kasir yang jarang diketahui konsumen atau pengguna adalah fungsinya untuk memberikan laporan penjualan. 
Tak semua mesin  kasir memiliki fungsi ini. Salah satu mesin kasir yang berfungsi memberikan laporan penjualan adalah Mesin Kasir dari Kanasecure. Menariknya, pemilik usaha bisa melihat laporan penjualan dari ponsel. 

3. Dapat dihubungkan dengan komputer 
Jangan bayangkan bila mesin kasir merupakan perangkat elektronik yang jadul! Sebab, mesin kasir zaman now bisa dihubungkan dengan komputer. Ini artinya, Anda dapat melakukan input data atau memasukkan data ke mesin kasir melalui komputer. Hal ini akan memudahkan Anda mengisi data tanpa mengingat rumus atau melakukan input data secara manual.
Pengisian barang atau item di mesin kasir tentu akan semakin mudah apabila mesin kasir yang kamu pilih dapat dihubungkan dengan komputer. Terlebih, barang yang Anda input atau masukkan memiliki jumlah dan jenis yang cukup banyak.

4. Nama produk tercetak di nota hingga 20 karakter 
Memiliki nama produk yang panjang? Bukan lagi masalah bila Anda memilih mesin kasir yang tepat! Mesin kasir Kanalogic KCR 181SW misalnya, salah satu mesin yang bisa mencetak nama produk di nota hingga 20 karakter. Pada umumnya, nama produk yang tercetak di nota menjadi terpotong karena terlalu banyak jumlah karakter. Bila nama produk tak tercantum dengan lengkap di nota, bisa saja konsumen mengalami kesulitan membaca transaksi termasuk mempersulit Anda dalam perihal laporan keuangan.

Bagaimana dengan 4 hal di atas? Apakah sudah menemukan mesin kasir yang tepat untuk bisnis Anda? Masih banyak keuntungan lain dari mesin kasir yang bisa di aplikasikan. Pastikan Anda memperhatikan 4 tips memilih mesin kasir di atas, agar mesin kasir yang Anda pilih memiliki fungsi optimal dan efektif dalam urusan transaksi dan tugas-tugas kasir lainnya. 

Share this info