Tips Menentukan Lokasi Kamera CCTV dengan Tepat

Demi meningkatkan sistem keamanan, tidak sedikit orang yang memanfaatkan teknologi kamera CCTV untuk memantau segala aktivitas yang terjadi di sekitar area pemasangan CCTV. Kini kamera pengintai ini tidak hanya dipasang di kantor atau tempat umum saja, kamera ini juga dipasang di berbagai sudut rumah untuk melindungi keluarga dan aset mereka. Jenis kamera CCTV pun sangat beragam dan memiliki keunggulannya masing-masing.


Sebelum memutuskan untuk membeli CCTV, Anda sebaiknya menyesuaikan kebutuhan penggunaan CCTV itu sendiri. Hal tak kalah pentingnya yang harus Anda pertimbangkan saat telah menemukan kamera CCTV yang tepat adalah bagaimana cara meletakkan kamera CCTV ini agar berfungsi secara optimal dan tepat sasaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah 3 hal yang harus Anda pertimbangkan saat menentukan lokasi pemasangan CCTV.


Pencahayaan

Pertama, hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih lokasi pemasangan kamera CCTV adalah pencahayaan. Pencahayaan inilah yang akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan kamera CCTV. Sumber cahaya dapat berasal dari cahaya matahari dan cahaya lampu yang berada di sekitar CCTV. Namun, ada satu hal yang harus Anda ketahui bahwa Anda tidak disarankan memasang kamera CCTV terlalu dekat dengan lampu. Hal ini mengakibatkan kualitas gambar yang dihasilkan menjadi tidak jelas atau blur karena pencahayaan yang terlalu terang.


Penempatan

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi pemasangan kamera CCTV adalah penempatan. Penempatan kamera merupakan hal yang sangat penting, karena kesalahan penentuan lokasi pemasangan berarti Anda tidak akan mendapat manfaat apapun dari pemasangan kamera CCTV. Pasanglah CCTV sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda sebaiknya tidak menempatkan kamera CCTV terlalu rendah dari permukaan lantai dan jangan pula terlalu tinggi dari permukaan atap. Bagi Anda yang ingin melakukan pemantauan aktivitas ruangan secara diam-diam, maka sebaiknya posisi kamera tersebut harus tersembunyi dan tidak mudah diketahui orang lain.


Permukaan

Terakhir, hal yang sama pentingnya untuk diperhatikan saat memasang kamera CCTV adalah permukaan lokasi pemasangan CCTV. Sebaiknya dinding dan plafon yang akan dipasangi kamera CCTV memiliki permukaan yang rata. Pastikan kamera CCTV tidak terhalang oleh berbagai benda atau objek lain, sehingga kamera dapat mengawasi ruangan tanpa terganggu atau tertutupi oleh benda yang berada di sekitarnya. Dengan begitu, kamera CCTV dapat bekerja dan berfungsi dengan efektif dan maksimal.

Demikian 3 cara menentukan tempat titik lokasi pemasangan kamera CCTV. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengetahui peletakan CCTV secara tepat. Kana Secure jual kamera CCTV dengan varian tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengetahui berbagai kamera CCTV dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di laman produk website kami dan dapatkan garansi resmi untuk setiap pembelian kamera CCTV Kana. Jangan lewatkan pula informasi produk terbaru Kana (baca : Memperkenalkan 3 Kamera CCTV Terbaru dari Kana Secure) di laman News kami.

Share this info