Tips Menumbuhkan Loyalitas Karyawan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata loyalitas memiliki arti kepatuhan atau kesetiaan. Sedangkan dalam dunia kerja, istilah loyalitas adalah karyawan yang setia terhadap perusahaan dan mau mengikuti apa yang diperintahkan oleh pimpinan. Namun, adakalanya pimpinan memanfaatkan loyalitas karyawan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kebutuhan karyawannya. Jangan sampai Anda menjadi pimpinan yang seperti ini, karyawan adalah aset berharga yang harus dijaga. Kalau karyawan merasa tidak dihargai dan pindah ke lain perusahaan, Anda akan rugi. Oleh karena itu, kami berikan tips untuk menumbuhkan loyalitas karyawan.

1.      Kenali minat dan kemampuan karyawan

Setiap karyawan memiliki minat dan kemampuan berbeda. Jika sudah mengenali minat dan kemampuan masing-masing karyawan, Anda bisa lebih mudah dalam memberikan tugas sesuai kapasitas yang mereka miliki sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas dengan tepat dan cepat.

2.      Percaya pada karyawan

Jika tugas sudah diberikan, Anda harus percaya karyawan tersebut dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Berikan mereka kebebasan sekaligus tanggung jawab. Boleh saja mengatur pekerjaan karyawan serta mengawasi mereka melalui CCTV tapi jangan terlalu mencampuri pekerjaan mereka. Saat karyawan gagal dalam mengerjakan tugas, maka ajaklah diskusi agar mereka tahu letak kesalahannya dan bisa memperbaiki lagi.

3.      Beri penghargaan

Karyawan akan senang dan bertambah loyal terhadap perusahaan jika hasil kerjanya dihargai. Pujian yang tulus membuat karyawan merasa diakui dan lebih semangat dalam bekerja. Anda juga bisa memberikan motivasi pada karyawan agar merasa lebih percaya diri dalam menjalankan tugas.

4.      Beri tantangan

Untuk mempertahankan karyawan yang mudah jenuh dengan rutinitas kerja yang monoton, berilah tantangan. Cobalah sesekali memberikan tugas yang belum pernah mereka lakukan. Hal ini juga membuat karyawan tidak malas bekerja dan mau belajar hal baru demi menunaikan tugas.

5.      Libatkan dalam keputusan

Libatkan karyawan dalam membuat keputusan akan menumbuhkan loyalitas. Dengarkan saran dan kritik mereka karena perusahaan tidak akan bisa sukses tanpa kerja keras para karyawan. Dua telinga manusia memang untuk mendengarkan lebih banyak bukan? Ingatlah untuk selalui menghargai semua pendapat karyawan dan diskusikan bersama untuk mendapatkan solusi yang tepat.

6.      Perhatikan kebutuhan karyawan

Tujuan bekerja adalah untuk mendapatkan uang sehingga dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apakah karyawan Anda sudah tercukupi kebutuhannya? Apakah hak ketenagakerjaannya sudah dipenuhi oleh perusahaan? Jika semua kebutuhan dan hak karyawan terpenuhi, maka karyawan semakin betah bekerja di perusahaan Anda.

Dengan melakukan 6 tips di atas, Anda dapat menumbuhkan loyalitas para karyawan. Sebagai pemimpin yang bijak Anda harus bisa mengayomi karyawan lainnya agar produktivitas kerja tetap stabil dan suasana kerja jadi menyenangkan.

Sumber gambar : jobfinderspain.com

Share this info