Tips Menyiasati Ruang Kerja yang Sempit agar Terasa Longgar dan Nyaman

Produktivitas adalah hal yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan. Jika karyawan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi maka kemajuan perusahaan bukanlah hal yang mustahil untuk dapat segera tercapai. Oleh karenanya sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memperhatikan hal - hal yang dapat mempengaruhi kinerja karyawannya. Bahkan, beberapa hal yang terlihat 'sepele' namun ternyata dapat memberikan pengaruh tersendiri bagi tingkat produktivitas karyawan, seperti dalam hal ruang kerja.

Ruang kerja yang longgar dan nyaman bisa meningkatkan kinerja karyawan, karena faktor kenyamanan turut andil dalam menentukan tingkat produktivitas mereka. Jika karyawan dibiarkan bekerja di dalam ruangan yang membuat mereka tidak nyaman, maka bekerja akan terasa dibawah tekanan yang justru dapat menghambat kemampuan karyawan dalam menyelesaikan tugas - tugas kerja yang dibebankan padanya. Anda tentu tidak ingin kan punya karyawan yang kinerjanya menurun hanya karena masalah ruang kerja?

Jangan mengharapkan kinerja karyawan yang maksimal jika anda memberikan mereka ruang kerja yang minimal. Namun bukan berarti anda harus memberikan ruangan yang besar pula, karena perusahaan tentunya juga harus mempertimbangkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan ruang kerja yang luas dan besar. Nilai efektifitas dan efisiensi harus selalu diperhatikan agar tidak 'besar pasak daripada tiang'.

Sebenarnya, ruang kerja yang sangat sempit sekalipun masih bisa untuk dimaksimalkan. Disini, anda membutuhkan sedikit daya kreatifitas untuk menciptakan kesan longgar dan nyaman pada ruang kerja yang sempit.

Masih bingung bagaimana mempraktekkannya? Yuk, simak beberapa tips berikut:

1. Kurangi Barang di Sekitar Meja

Pernah melihat meja kerja dengan banyak barang - barang yang berantakan di atas dan di sekitarnya? lalu, bagaimana perasaan anda jika harus bekerja di ruangan dengan kondisi meja seperti itu? pasti tidak nyaman kan? bukannya bersemangat, malah anda akan malas bekerja jika harus menghadapi situasi seperti ini. Ruang kerja yang sempit akan terasa begitu sesak dengan barang - barang yang berserakan di sekitarnya.  Sebaiknya kurangi barang - barang di atas meja. Coba tempatkan barang - barang tertentu pada letak yang tersembunyi, seperti tas yang digantung pada dinding, kabel yang ditempatkan pada cable trunking, cable box dan sebagainya.

2. Pencahayaan Ruangan

Sesempit apapun sebuah ruangan, jika didalamnya terdapat pencahayaan yang optimal maka ruangan akan terasa lebih lega. Pastikan ruang kerja mendapatkan cahaya alami dan udara segar dari jendela. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, maka bisa disiasati dengan menempatkan cahaya lampu tepat diatas meja kerja.

3. Manfaatkan Setiap Ruang yang Ada

Lihat disekeliling ruang kerja, pasti akan selalu ada peluang untuk memaksimalkannya. Manfaatkan setiap inchi dari ruangan untuk meletakkan berbagai keperluan kantor. Jika seluruh bagian ruang kerja dimanfaatkan dengan baik dengan penataan yang 'pas', maka ruang yang ukurannya minimal bisa memberikan manfaat yang maksimal. Misalnya: menempelkan rak di dinding untuk menyimpan berkas, buku serta berbagai benda penting lainnya. Bahkan ruang - ruang kosong yang cenderung terabaikan seperti area bawah tangga atau loteng bisa dikreasikan menjadi ruang kerja minimalis yang rapi dan nyaman. 

4. Menjaga Kebersihan dan Kerapian

Jika ruangan sudah ditata sedemikian rupa untuk memaksimalkannya, maka tips berikut yang wajib untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan dan kerapian ruangan tersebut. Siapa yang bertanggung jawab untuk melakukannya? tentu semua yang ada di dalam ruangan tersebut. Jangan pernah malas untuk membersihkan ruang kerja, mulai dari lantai, meja, dinding dan semua benda - benda yang ada. Biasakan untuk meletakkan kembali benda - benda yang sudah dipakai pada tempat semula. Disini kesadaran diri untuk menjaga kebersihan dan kerapian mutlak untuk dimiliki oleh setiap karyawan.

Beberapa cara diatas bisa membantu memudahkan anda untuk menjadikan ruang kerja yang sempit terasa lebih longgar dan nyaman. Sehingga masalah ruang kerja tak lagi menjadi penghambat kinerja karyawan. Dengan demikian karyawan bisa bekerja di dalam ruangan yang membuat mereka merasa nyaman. Jangan lupa juga untuk tetap memaksimalkan keamanan ruangan dengan menempatkan CCTV ya! Gunakan CCTV yang ideal untuk ditempatkan di dalam ruang kerja seperti KANA D-604RD, KANA D-8020ES, KANA D-8020FS, KANA D-204RD, KANA D-8020SR, KANA D-8030SR.

Share this info