Waspadalah! Tindak Kejahatan Tidak Boleh Merajalela di Sekitar Anda!

Tahun 2017 kemarin tersiar berita penculikan anak di ITC Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada tanggal 19 Desember 2017. Emir, anak dari Mardiati Upi hampir saja diculik oleh orang tak dikenal. "Saya tinggal ke toilet, saya denger anak saya nangis, ya saya biasa aja, karena emang anak saya sering bercanda sama SPG situ tetangga conter," kata Upi. Tapi, dugaan Upi ternyata salah. Setelah kembali dari toilet, si anak sudah tidak terlihat batang hidungnya. Untunglah, berkat kesigapan Mardiati Upi, sang anak akhirnya kembali dalam pelukannya karena pria yang membawa anaknya masih belum jauh dari lokasi toko Upi. Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke kepolisian agar tidak terjadi kejadian serupa.


Dari kejadian di atas tentu Anda harus berhati-hati menjaga anggota keluarga sendiri terutama yang masih anak kecil karena mudah dipengaruhi oleh orang asing. Tak hanya itu saja, masih ada banyak kejadian yang patut kita waspadai bersama seperti pencurian barang berharga, perampokan, pembegalan dan sebagainya. Mengapa kejadian-kejadian tersebut bisa terjadi? Bagaimana kalau diri Anda sendiri atau orang yang kita kasihi yang mengalami kejadian tersebut? Di sinilah Anda harus mulai mawas diri terhadap lingkungan sekitar. Pelaku kejahatan akan selalu mencari celah sekecil apapun baik di suasana ramai maupun sepi.


Lalu, bagaimana cara mencegah kejadian seperti di atas? Jawabannya, adalah memasang CCTV. Ya, CCTV secara tidak langsung bisa menjadi alat yang ampuh untuk mencegah tindakan kejahatan. CCTV dapat merekam kejadian yang sedang berlangsung atau live meskipun Anda tidak memantaunya secara langsung. Anda dapat melihat hasil rekaman CCTV di  komputer atau smartphone yang tersambung dengan internet tanpa terbatas ruang dan waktu. Seandainya ada tindak kejahatan yang tidak diinginkan, tunjukkan saja rekaman CCTV pada pihak kepolisian agar mereka dapat menangkap pelaku kejahatan dengan tepat dan cepat. Selain itu, sebaiknya jalan umum juga diberi lampu penerangan jalan untuk mengurangi tindak kejahatan di malam hari.

Share this info